Planet Wisata - 10 Tempat Wisata di Cirebon Yang Indah

Planet Wisata - 10 Tempat Wisata di Cirebon Yang Indah
Keraton KasepuhanCirebon merupakan sebuah wilayah di Provinsi Jawa Barat dan berada di pesisir utara Jawa atau yang lebih dikenal dengan jalur pantura (pantai utara). Karena lokasi geografisnya, Cirebon menjadi salah satu jalur utama yang menghubungkan antara kota Jakarta  Semarang  Surabaya.


Selama ini Cirebon banyak dikenal dengan kerajinan batiknya. Cirebon menjadi salah satu penghasil kerajinan batik terbesar di pesisir Jawa. Namun ternyata Cirebon tak hanya soal batik motif mega mendung yang menjadi andalannya. Daerah ini juga memiliki potensi pariwisata yang besar. Berikut 10 tempat wisata di Cirebon yang sayang untuk dilewatkan:



1.Wanawisata Ciwaringin


Wanawisata Ciwaringin


Tempat wisata ini berada di Desa Ciwaringin. Di sini, Anda bisa berjalan kaki menikmati pemandangan wanawisata. Seperti kebanyakan kawasan hijau di kota lain, di sini Anda juga bisa menemui pepohonan rindang terutama pohon kayu putih. Cukup unik, ya?
Wanawisata Ciwaringin ramai dikunjungi pada hari Minggu. Jika Anda suka memancing, ada Danau Ciranca untuk memuaskan hobi Anda. Membawa pulang ikan segar hasil memancing sendiri tentu akan menyenangkan. Selain itu, terdapat arena motor cross yang pada saat tertentu digunakan untuk pertandingan balap.

2.Desa Wisata Cikalahang
  Desa Wisata Cikalahang 
Di desa wisata ini, hobi memancing dan wisata kuliner Anda akan terpenuhi. Cikalahang merupakan sebuah tempat wisata di Cirebon yang menjadi tujuan favorit keluarga. Ada banyak rumah makan dengan menu ikan bakar istimewa. Tak hanya itu, Anda juga bisa memancing sendiri ikan di kolam-kolam yang telah disediakan sehingga ikan dijamin masih dalam kondisi segar saat dimasak. Desa Wisata Cikalahang berada di Kecamatan Dukupuntang.

3.Situ Sedong
Situ Sedong
Situ Sedong merupakan waduk buatan sekaligus tempat wisata di Cirebon, tepatnya di Kecamatan Sedong. Tempat ini banyak dikunjungi keluarga saat akhir pekan. Selain bisa melihat pemandangan, ada juga permainan yang bisa Anda gunakan untuk bersantai bersama keluarga seperti bebek air. Bebek air bisa digunakan untuk mengelilingi Situ Sedong.
Saat terbaik untuk datang ke Situ Sedong adalah pada sore hari karena cuaca tidak panas, sehingga Anda bisa menikmati tempat wisata ini dengan lebih nyaman.

4.Taman Ade Irma Suryani Nasution
  Taman Ade Irma Suryani Nasution 
Taman Ade Irma Suryani Nasution merupakan taman rekreasi terbesar yang ada di kota ini. Pada awalnya, taman ini bernama Traffic Garden Cirebon dan menjadi tempat wisata di Cirebon yang paling banyak dikunjungi. Pada tahun 1966, taman ini berubah nama menjadi Taman Ade Irma Nasution.
Tempat wisata ini cocok sekali dikunjungi bersama keluarga. Di sini, ada tempat bermain anak dan kebun binatang mini. Karena lokasinya yang berdekatan dengan pelabuhan Cirebon, Anda juga bisa menikmati keindahan pantai. Selain itu, ada pertunjukan musik dan seni yang rutin diadakan setiap hari Minggu dan hari libur nasional di panggung yang telah disediakan.

5.Keraton Kasepuh
  Keraton Kasepuhan 
 Keraton Kasepuhan merupakan keraton kesultanan pertama di Cirebon yang dibangun oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II pada tahun 1529. Selain sebagai keraton tertua di Cirebon, keraton ini juga menjadi yang termegah dan paling terawat di kota ini. Keraton dikelilingi oleh tembok bata berwarna merah. Sedangkan bangunan utamanya berwarna putih yang di dalamnya terdapat singgasana sultan dan ruang tidur.
Bangunan peninggalan sejarah ini sekarang menjadi tempat wisata di Cirebon yang menjadi tujuan favorit pengunjung dari luar kota. Di sini, Anda bisa melihat benda-benda pusaka milik sultan dahulu dan juga sebuah Kereta Singa yang hanya dikeluarkan setiap tanggal 1 Syawal Hijriyah untuk dimandikan.

 6.Keraton Kanoman
  Keraton Kanoman 
 Keraton Kanoman berjarak hanya sekitar 600 meter dari Keraton Kasepuhan. Keraton ini dibangun oleh Sultan Badaruddin pada tahun 1588 karena terjadi perselisihan tentang siapa pewaris keraton. Dari Keraton Kasepuhan ke Keraton Kanoman, Anda akan melewati pasar tradisional yang menjual berbagai macam suvenir khas Cirebon sehingga bisa memudahkan Anda untuk membeli oleh-oleh.
Di sini, Anda bisa masuk museum yang di dalamnya terdapat banyak benda peninggalan bersejarah seperti piring-piring antik dari Eropa yang merupakan koleksi sultan dahulu. Selain itu, keraton ini masih menjadi tempat tinggal keturunan ke-12 kesultanan yaitu Raja Muhammad Emiruddin dan keluarganya.

7.Masjid Agung Sang Cipta Rasa
  Masjid Agung Sang Cipta Rasa 
 Masjid Agung Sang Cipta Rasa disebut juga dengan Masjid Agung Kasepuhan karena lokasinya yang berdekatan dengan Keraton Kasepuhan. Masjid ini menjadi salah satu tempat wisata di Cirebon. Di halaman masjid terdapat sumber yang disebut memiliki sumber yang sama dengan sumur air zam-zam di Mekkah. Air dari sumur ini juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit jika diminum dan dipakai membasuh wajah.
Yang unik dari Masjid Agung Sang Cipta Rasa adalah pintu masuk yang dibuat tidak tinggi sehingga setiap orang yang masuk harus merundukkan tubuhnya. Hal ini sebagai tanda penghormatan dan kesopanan ketika masuk ke rumah ibadah.

8.Taman Sari Gua Sunyaragi
  Taman Sari Gua Sunyaragi 
 Tempat wisata ini berada di Kelurahan Sunyaragi, Kesambi. Nama taman ini berasal dari dua kata bahasa Sansekerta yaitu ‘sunya’ yang berarti sepi dan ‘ragi’ yang berarti raga. Lokasi ini dahulu memang digunakan oleh raja dan keluarganya sebagai tempat mencari ketenangan.
Ada dua bangunan utama yaitu pesanggrahan dan gua. Di dalam pesanggrahan terdapat beberapa ruangan seperti ruang tidur dan ruang rias. Yang menarik adalah bangunan gua yang dari luar terlihat seperti candi. Bagian dalamnya menyerupai gua karena ada banyak lorong dan berbentuk mirip labirin. Selain rindangnya pepohonan untuk beristirahat, di sekitar tempat wisata ini terdapat banyak saung kecil yang menjual makanan dan suvenir khas Cirebon.

9.Banyu Panas Palimanan
Banyu Panas Palimanan 
Banyu Panas Palimanan merupakan salah satu tempat wisata di Cirebon yang banyak dikunjungi setiap harinya terutama pada saat akhir pekan. Taman pemandian ini berada di Desa Palimanan Barat, Kecamatan Palimanan, Cirebon. Dari pusat kota Cirebon, tempat wisata ini bisa ditempuh dalam waktu 25 – 30 menit perjalanan.
Air di taman pemandian ini adalah sumber air panas alami yang mengandung belerang dan dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Di sekitar lokasi pemandian terdapat banyak gazebo untuk beristirahat.

10.Kampung Batik Trusmi
Kampung Batik Trusmi 

Kegiatan belanja suvenir khas suatu daerah susah dipisahkan dari kegiatan wisata. Jika ingin berbelanja batik khas Cirebon sebagai oleh-oleh, Anda bisa datang ke Kampung Batik Trusmi di Kecamatan Plered, Cirebon. Ada batik dengan berbagai motif khas yang bisa Anda beli secara eceran atau grosir. Harga yang ditawarkan di sini lebih terjangkau dibanding jika harus membeli batik di mall atau pusat perbelanjaan lain.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

SAGAPOKER TURNOVER LEAGUE :
//goo.gl/e7CYn2
 SAGAPOKER TURNOVER LEAGUE :

DAFTAR : Sagapoker

Syarat Dan ketentuan :
- League di Mulai dari Tanggal 1 Mei - 31 Mei 2017
- Peserta Bisa Bantu Share GambarTurnament ini dan tag ke 10 Teman anda dan Like Fanspage sagapoker
- Hadiah di berikan kepada 10 Member Tercepat dengan Turnover Tertinggi
- Sagapoker Akan Update Total Turnover selama 1 Minggu,Setiap Hari Kamis Di Facebook
- Hadiah Berupa Chip dan Langsung di Masukan Ke ID dan bisa Langsung di Withdraw.
- Hadiah di Berikan Tanggal 1 Juni 2017
- Turnover akan di akumulasi dari tanggal 1 Mei S/d 31 Mei.
- Menang / Kalah Bisa berkesempatan Mendapatkan Hadiah Utama.
- Minimal DP/WD : 10.000 / 25.000

DAFTAR : Sagapoker

Daftar Hadiah Turnamen Turnover Sagapoker :

- Turnover 1M+ Hadiah Uang tunai : 10.000.000

- Turnover 900jt+ Hadiah Uang tunai : 6.200.000

- Turnover 800jt+ Hadiah Uang tunai : 5.500.000

- Turnover 700jt+ Hadiah Uang tunai : 4.800.000

- Turnover 600jt+ Hadiah Uang tunai : 4.000.000

- Turnover 500jt+ Hadiah Uang tunai : 2.500.000

- Turnover 400jt+ Hadiah Uang tunai : 2.000.000

- Turnover 300jt+ Hadiah Uang tunai : 1.500.000

- Turnover 200jt+ Hadiah Uang tunai : 1.000.000

- Turnover 100jt+ Hadiah Uang tunai : 500.000

NB : Jika ada yang Peserta Dengan turnover yangsama,di Ambil yang tertinggi.Turnover Player A : 1.100.181.000 dan B:1.010.000.000,Maka pemenang Juara 1 Player A.Player B Mendapatkan Juara 2,Untuk Berikutnya seperti itu.kami Mengambil Turnover tertinggi.

DAFTAR : Sagapoker
 


 

avatar
Admin
Semoga Artikel Planet Wisata Berguna Untuk Teman-teman yang mau Berlibur :)

0 Comments

Label

indonesia tempat wisata planet wisata liburan wisata bandung kuliner pantai jakarta yogyakarta bali dunia Sumatera Utara jawa oleh oleh Aceh Malaysia Bogor lombok malang pulau Jawa Timur Kepulauan Seribu Manado Medan Thailand banten Australia Batam Japan Semarang pulau jawa Ambon Balipapan Banjarmasin Bengkulu Bromo Cirebon Korea Selatan Lembang Papua Pontianak Pulau Komodo Sumatera Waterboom banyuwangi batu raden blitar bukit lombok jawa barat jepara pacitan pemandian pemandian air panas surabaya tips Bekasi Bishop Rock Candi Borobudur Candi Prambanan Ciseeng Danau Kelimutu Danau Singkarak Danau Toba Finlandia Flores Garut Gunung Gunung Bromo Inggris Istana Air Taman Sari Italy Jambi Jember Johor Bahru Kawah Ijen Kolam Air Panas Kota Langsa Makassar Malassar Malioboro Mekarsari NTT Nusa Tenggara Timur Padang Palembang Pantai Pandawa Pantai Parangtritis Penang Peru Pulau Pari Pulau Sempu Pulau Tidung Puncak Roma Samarinda Sukabumi Sulawesi Utara Sumatera Barat Taman Mini Indonesia Indah Tanah Lot Tangerang Vietnam Viraha Buddhagaya Watugong bali barat baluran baturraden bukit ciater ciwidey eropa green canyon gunung sitoli hotel hotel bandara jakarta timur jakarta utara jawa tengah kalimantan barat kota binjai kota bitung kota lhokseumawe kota sabang kota subulussalam kota tua labuan bajo libura mahameru maribaya museum angkut pantai anyer pantai carita pantai kartini pantai kuta pantai pacitan pantai papuma pantai perawan pantai pulau merah pantai senggigi pantai siung pantao drini pemandian air panas ciater pematang siantar pulau bali pulau menjangan pulau pramuka pulau seribu ranu kumbolo singapura solo sulawesi tenggara taman taman nasional taman nasional baluran tanjung benoa tebing tinggi tegal tempat hiburan travel
Diberdayakan oleh Blogger.