Planet Wisata - 5 Tempat Wisata di Gunungsitoli

Planet Wisata - 5 Tempat Wisata di Gunungsitoli


 Di bawah ini adalah catatan lengkap Tempat Wisata di Gunungsitoli. Peta Wisata Kota Gunungsitoli dengan penanda oleh The Aroengbinang Project akan ditambahkan kemudian. Tulisan tempat Wisata Kota Gunungsitoli akan diperbarui ketika informasi baru tersedia, dan posisi koordinat GPS telah diperoleh.


Keberadaan Gunungsitoli atau Luaha sudah dikenal sejak abad ke-18. Pada awalnya kota ini berada di muara Sungai Nou atau Pasar Gunungsitoli saat ini, dihuni terutama oleh marga Harefa, Zebua, dan Telaumbanua. Gunungsitoli adalah merupakan kota utama di Pulau Nias. 
Untuk menuju Gunungsitoli bisa menggunakan penerbangan dari Medan ke Bandara Binaka yang berjarak 17 km ke pusat kota, atau melalui jalur laut dari Sibolga ke Pelabuhan Angin yang berjarak sekitar 2 km dari pusat kota. Terminal bus untuk ke daerah-daerah lain di Pulau Nias berjarak 1,5 km dari pusat kota. Untuk angkutan dalam kota bisa menggunakan angkot, atau becak. Tempat wisata di gunung sitoli

1.Gua Togi NdrawaImage result for Gua Togi Ndrawa
 Togi Ndrawa Gunung Sitoli Nias merupakan sebuah gua kuno yang lokasinya berada di Desa Lelewonu Niko’otano, Kecamatan Gunung Sitoli, sekitar 3km dari pusat Kota Gunungsitoli. Togi Ndrawa berarti “Gua Islam”, karena konon gua ini menjadi tempat persembunyian para pendatang beragama Islam pada jaman pendudukan tentara Jepang di Nias.
Versi lain menyebut bahwa dahulu kala gua ini merupakan tempat persembunyian orang Nias ketika Dawa (orang asing) datang ke daerah itu.
Untuk mencapai tempat ini pengunjung bisa menggunakan kendaraan bermotor, dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak sejauh beberapa ratus meter.
Gua Togi Ndrawa memiliki empat mulut gua yang berderet dari Selatan ke Utara, menghadap ke Timur dan Tenggara. Di dalam gua pengunjung bisa melihat bermacam bentuk stalaktit dan stalagmit yang terbentuk dalam proses yang berlangsung selama ribuan tahun.
Gua ini tampaknya memang cocok sebagai tempat persembunyian karena kabarnya ada lorong gua yang terhubung sampai ke Gua Laowomaru di Desa Fodo yang jauhnya sekitar 12km.
Desa Lelewonu Niko’otano, Kecamatan Gunung Sitoli, Nias, Sumatera Utara

2.Muara Indah
 Image result for Muara Indah gunung sitoli
 Lokasi Muara Indah Gunung Sitoli Nias berjarak sekitar 15 km dari pusat kota Gunung Sitoli, tidak jauh dari lokasi Pantai Charlita. Sesuai dengan namanya, tempat ini berada di muara sungai dimana terjadi pertemuan antara air sungai yang tawar dengan air laut yang asin.
 Selain menikmati panorama di sekitar muara, pengunjung juga bisa menikmati berbagai makanan laut seperti cumi-cumi, ikan, kepiting bakau, dan udang. Pada waktu-waktu tertentu di tempat ini juga diselenggarakan pagelaran seni budaya serta serta kegiatan lainnya.
 Gunung Sitoli, Pulau Nias, Sumatera Utara

3. Museum Pusaka Nias
 Image result for Museum Pusaka Nias gunung sitoli
 Museum Pusaka Gunung Sitoli Nias berada di pusat Kota Gunung Sitoli, tepatnya di Jl Yos Sudarso No 134A. Museum ini berdiri pada 1995, dibangun di atas tanah seluas 2 hektar atas inisiatif Pastor Yohannes Hammerle.
Di dalam museum ini tersimpan sejumlah 6.000-an koleksi benda bersejarah dari daerah Nias, diantaranya adalah alat musik, pakaian adat, patung batu, peralatan tradisional rumah tangga, perhiasan, miniatur rumah tradisional Nias, tempat penyimpanan sirih raksasa berukuran 3×3 meter, dan banyak lagi.
Selain sebagai penyimpanan, perawatan dan pameran koleksi bersejarah, di tempat ini juga disediakan beberapa fasilitas lainnya, seperti perpustakaan, rekreasi pantai, satwa langka, tanaman khas Nias , ruang pertemuan dengan kapasitas 60 – 100 orang dan rumah tradisional Nias. Di tempat rekreasi pantai disediakan cottage, kantin dan kamar bilas.
Diantara koleksi hewan langka adalah burung beo, buaya, kancil, kuntul, kura-kura, landak, musang, rusa dan beberapa satwa lainnya yang sebagian besar merupakan sumbangan masyarakat Nias.
 Jl. Yos Sudarso 134A, Gunung Sitoli. Telp 0639-21920. Jam buka: 08.00 – 12.00, dan 13.00 – 17.000. Senin libur. Harga Tiket masuk: Dewasa Rp. 2.500, anak Rp.1.000, sudah termasuk parkir

4.Pantai CharlitaImage result for Pantai Charlita gunung sitoli

Lokasi Pantai Charlita Gunung Sitoli Nias berada di Desa Afia, Kecamatan Gunungsitoli Utara, sekitar 14 kilometer dari pusat Kota Gunungsitoli, dengan jejeran pondok menghadap samudra, yang bisa dicapai dengan kendaraan roda dua dan roda empat.
 Kawasan seluas 8,5 hektar itu menyediakan sejumlah penginapan dengan berbagai fasilitas pendukung seperti hiburan Karaoke TV, lapangan badminton, aula berkapasitas 200 dan 300 orang, hiburan musik di malam hari, restoran dengan masakan Indonesia dan hidangan laut, serta kolam renang semi waterboom seluas 800 m2.
 Desa Afia, Kecamatan Gunung Sitoli Utara, Gunungsitoli, Nias, Sumatera Utara. GPS: 1.3868031, 97.5440665

5. Rumah Adat Desa TumoriImage result for Rumah Adat Desa Tumori gunung sitoli

ada sekitar 10 Rumah Adat Desa Tumori Gunung Sitoli Nias di Desa Tumori, Kecamatan Gunungsitoli Barat, berjarak sekitar tiga puluh menit berkendara dari Bandara Binaka. Rumah-rumah adat yang merupakan rumah panggung terbuat dari kayu, berbentuk oval, dan beratap rumbia itu berusia antara 50 – 120 tahun.
Desa Tumori merupakan sebuah permukiman tradisional yang namanya berasal dari nama pohon raksasa yang ditemukan para pendirinya di tempat ini. Sebagian besar penduduk Tumori adalah dari marga Zebua. Demikian juga dengan penduduk di desa-desa di sekitarnya, yaitu Lolomoyo Tuhemberua, Orahili Tumori, Tumori Balohili, Tumori Gada, Tumori O’o, Sihare’o Siwahili.
Selain melihat rumah adat, pengunjung juga bisa melihat adat budaya masyarakat yang masih hidup terjaga di desa ini. Orang-orang Tumori memang dikenal sangat ketat dalam menjaga tradisi mereka, sehingga pada waktu-waktu tertentu pesta-pesta tradisional menarik masih bisa dilihat di desa ini.
Kecamatan Gunungsitoli Barat, Gunung Sitoli, Nias, Sumatera Utara

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

SAGAPOKER TURNOVER LEAGUE :
SAGAPOKER TURNOVER LEAGUE :

DAFTAR : Sagapoker

Syarat Dan ketentuan :
- League di Mulai dari Tanggal 1 Mei - 31 Mei 2017
- Peserta Bisa Bantu Share GambarTurnament ini dan tag ke 10 Teman anda dan Like Fanspage sagapoker
- Hadiah di berikan kepada 10 Member Tercepat dengan Turnover Tertinggi
- Sagapoker Akan Update Total Turnover selama 1 Minggu,Setiap Hari Kamis Di Facebook
- Hadiah Berupa Chip dan Langsung di Masukan Ke ID dan bisa Langsung di Withdraw.
- Hadiah di Berikan Tanggal 1 Juni 2017
- Turnover akan di akumulasi dari tanggal 1 Mei S/d 31 Mei.
- Menang / Kalah Bisa berkesempatan Mendapatkan Hadiah Utama.
- Minimal DP/WD : 10.000 / 25.000

DAFTAR : Sagapoker

Daftar Hadiah Turnamen Turnover Sagapoker :

- Turnover 1M+ Hadiah Uang tunai : 10.000.000

- Turnover 900jt+ Hadiah Uang tunai : 6.200.000

- Turnover 800jt+ Hadiah Uang tunai : 5.500.000

- Turnover 700jt+ Hadiah Uang tunai : 4.800.000

- Turnover 600jt+ Hadiah Uang tunai : 4.000.000

- Turnover 500jt+ Hadiah Uang tunai : 2.500.000

- Turnover 400jt+ Hadiah Uang tunai : 2.000.000

- Turnover 300jt+ Hadiah Uang tunai : 1.500.000

- Turnover 200jt+ Hadiah Uang tunai : 1.000.000

- Turnover 100jt+ Hadiah Uang tunai : 500.000

NB : Jika ada yang Peserta Dengan turnover yangsama,di Ambil yang tertinggi.Turnover Player A : 1.100.181.000 dan B:1.010.000.000,Maka pemenang Juara 1 Player A.Player B Mendapatkan Juara 2,Untuk Berikutnya seperti itu.kami Mengambil Turnover tertinggi.

DAFTAR : Sagapoker 


avatar
Admin
Semoga Artikel Planet Wisata Berguna Untuk Teman-teman yang mau Berlibur :)

1 Comments
avatar

Pantai Charlita benar-benar menyajikan pemandangan yang luar biasa indah, tak heran jika bnyak wisatawan yang ingin kesana. btw makasih ya buat infonya min

Replay

Label

indonesia tempat wisata planet wisata liburan wisata bandung kuliner pantai jakarta yogyakarta bali dunia Sumatera Utara jawa oleh oleh Aceh Malaysia Bogor lombok malang pulau Jawa Timur Kepulauan Seribu Manado Medan Thailand banten Australia Batam Japan Semarang pulau jawa Ambon Balipapan Banjarmasin Bengkulu Bromo Cirebon Korea Selatan Lembang Papua Pontianak Pulau Komodo Sumatera Waterboom banyuwangi batu raden blitar bukit lombok jawa barat jepara pacitan pemandian pemandian air panas surabaya tips Bekasi Bishop Rock Candi Borobudur Candi Prambanan Ciseeng Danau Kelimutu Danau Singkarak Danau Toba Finlandia Flores Garut Gunung Gunung Bromo Inggris Istana Air Taman Sari Italy Jambi Jember Johor Bahru Kawah Ijen Kolam Air Panas Kota Langsa Makassar Malassar Malioboro Mekarsari NTT Nusa Tenggara Timur Padang Palembang Pantai Pandawa Pantai Parangtritis Penang Peru Pulau Pari Pulau Sempu Pulau Tidung Puncak Roma Samarinda Sukabumi Sulawesi Utara Sumatera Barat Taman Mini Indonesia Indah Tanah Lot Tangerang Vietnam Viraha Buddhagaya Watugong bali barat baluran baturraden bukit ciater ciwidey eropa green canyon gunung sitoli hotel hotel bandara jakarta timur jakarta utara jawa tengah kalimantan barat kota binjai kota bitung kota lhokseumawe kota sabang kota subulussalam kota tua labuan bajo libura mahameru maribaya museum angkut pantai anyer pantai carita pantai kartini pantai kuta pantai pacitan pantai papuma pantai perawan pantai pulau merah pantai senggigi pantai siung pantao drini pemandian air panas ciater pematang siantar pulau bali pulau menjangan pulau pramuka pulau seribu ranu kumbolo singapura solo sulawesi tenggara taman taman nasional taman nasional baluran tanjung benoa tebing tinggi tegal tempat hiburan travel
Diberdayakan oleh Blogger.